Selasa, 20 Januari 2015

perbedaan os open suse dan ubuntu

OpenSuse

Sistem operasi OpenSuse dibangun/didasarkan pada lisensi GNU / Linux. OpenSuse adalah sistem operasi bebas dan open source yang dapat dijadikan sebagai alternatif pengganti lainnya untuk sistem operasi Microsoft Windows. Linux OpenSuse cocok untuk dapat dipergunakan untuk semua jenis perangkat seperti laptop, desktop PC, server, PC multimedia untuk di rumah maupun kantor. OpenSuse merupakan salah satu distro terkemuka diantara GNU / Linux dan juga merupakan salah satu distro yang tertua. 
OpenSuse merilis versi baru setiap 8 bulan sekali. Setiap rilis menyediakan berbagai jenis update keamanan untuk periode 18 bulan. Selain memberikan Anda stabilitas dan kinerja yang baik termasuk skalabilitas yang lebih baik dari manajemen memori virtual dan pemisahan terminal users’ tasks. OpenSuse dilengkapi fitur dari GNOME 3.6, Xfce 4.10 dan LXDE 1.1 bersama dengan KDE Plasma Desktop terbaru 4.10 sebagai alternatif. Selain itu OpenSuse juga mencakup GNOME Shell yang akan menjadi sebuah bagian dari generasi yang akan datang dari GNOME 3.  Semua perangkat lunak ini terintegrasi satu sama lain untuk sebuah kinerja fungsionalitas aplikasi untuk dipergunakan ke dalam sistem berat maupun yang sangat ringan seperti Xfce dan LXDE. 
OpenSuse memperkenalkan tumbleweed repositori rilis terbaru sebagai pilihan untuk membuat sistem  Anda agar dapat diperbarui secara terus menerus. Tumbleweed ini berisi versi terbaru  dari perangkat lunak seperti Firefox, Thunderbird yang akan membuat Anda agar lebih mudah untuk melakukan proses update dari aplikasi maupun sistem operasi.

 UBUNTU

Ubuntu mengambil namanya dari bahasa Afrika Kuno. nama Ubuntu bermakna “kemanusiaan bagi sesama”. Distro ini lahir dari keinginan para pengembang Linux untuk menyajikan sebuah distro Linux yang mudah dipakai, handal, berkualitas, dan gratis. Ubuntu dapat dipakai baik untuk mesin yang berfungsi sebagai server maupun sebagai komputer desktop. Distro ini juga mendukung aneka prosesor yang ada di pasaran seperti Intel x86, AMD64, dan PowerPC.
Proyek Ubuntu (Ubuntu Project) disponsori oleh Canonical Ltd. Para peminat Ubuntu bisa memesan CD Ubuntu dalam jumlah yang mereka inginkan secara gratis dengan cara mengunjungi situs Ubuntu. Namun, para peminat Ubuntu juga bisa melakukan download file image Ubuntu (dalam bentuk file .iso) dengan cara mengunjungi alamat  Berhubung Ubuntu didistribusikan dalam dua CD, pastikan Anda mendapatkan atau men-download file image yang sesuai dengan keperluan. Sebagai informasi, versi install CD merupakan distro Ubuntu yang dikhususkan untuk dipasang dalam harddisk. Sementara versi Live CD merupakan distro Ubuntu yang dikhususkan untuk dijalankan secara langsung via CD-ROM tanpa perlu di-install lagi ke dalam harddisk.
Ubuntu 5.04 Hoary Hedgehog merupakan versi terbaru sistem operasi ini. Sistem operasi ini membutuhkan komputer dengan spesifikasi prosesor dari keluarga x86 (Intel 486, Pentium, Pentium II, III, dan 4), AMD, atau VIA (dahulu Cyrix), kartu grafis VGA dengan kedalaman 256 warna atau lebih tinggi, RAM 128MB atau lebih tinggi, sebuah CD-ROM drive, dan ruang harddisk sekitar 1 gigabyte atau lebih tinggi (jika akan dipasang dalam harddisk). Spesifikasi ini merupakan kebutuhan dasar untuk menjalankan modus grafis dalam Ubuntu. Jika pengguna lebih suka dengan modus teks, spesifikasi komputer yang diperlukan bisa lebih rendah lagi daripada spesifikasi tersebut.
berarti “aku adl aku krn keberadaan kita semua”. Tujuan dr distribusi Linux Ubuntu adl membawa semangat yg terkandung di dlm Ubuntu ke dlm dunia perangkat lunak. Ubuntu saat ini mendukung berbagai arsitektur komputer spt PC (Intel x86), PC 64-bita (AMD64)

SUMBER: annadjuwitasari.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar